12 BAHAN KIMIA BERBAHAYA DALAM KOSMETIK

Hello bestie 👋💐!
Yukk bahas 12 bahan kimia yang berbahaya dalam skincare dan kosmetik yang dapat berakibat fatal untuk merusak kulit wajah⚠️

1. Phthalates
Phthalates yang bekerja sebagai plasticizer atau pelembut plastik ini jarang dicantumkan dalam label produk. Kandungan ini sering dijadikan wewangian pada produk. Sebelum membeli produk, pastikan dulu tidak ada jenis kandungan skincare berbahaya yang satu ini supaya risiko gangguan hormon endokrin dan permasalahan lainnya dapat diminimalisir.

2. Toluene
Dikenal dengan nama metilbenzena, toluene yang merupakan bahan kimia ini digunakan sebagai zat pelarut pada produk perawatan kulit. Padahal, toluene ini telah dilarang peredarannya karena dapat merusak sistem saraf, otak, dan janin apabila terhirup. Usahakan hindari produk dengan kandungan skincare berbahaya yang mengandung bahan ini bestie, seperti toluene ya agar kesehatan kulit dan tubuh Kamu tetap terjaga.

3. BHT
Butylated Hydroxytoluene (BHT) dapat ditemukan pada pelembap dan kosmetik/skincare. Kandungan skincare ini berperan sebagai antioksidan sintesis yang menjaga produk agar kedap udara. Namun, kandungan ini dapat membahayakan organ hati apabila tertelan atau digunakan dalam jangka waktu lama.

4. Triclosan
kandungan triclosan kerap ditemukan pada sabun dan pasta gigi. Hal ini karena zat kimia ini memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab infeksi. Meskipun mampu mencegah peradangan, triclosan berpotensi menimbulkan efek negatif karena membuat bakteri lebih kebal dan sulit mati jika digunakan dalam konsentrasi tinggi. 

5. Phenoxyethanol
Penggunaan kandungan phenoxyethanol pada produk skincare atau kosmetik masih dapat diperbolehkan, asalkan konsentrasinya tidak melebihi 1%. Jika melewati, zat kimia ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan dan alergi pada kulit.

6. Alumunium
Kandungan zat alumunium dapat mengganggu fungsi sistem endokrin (kelenjar yang memproduksi hormon) yang sehat dan membuatnya menjadi tidak seimbang. Kandungan skincare berbahaya ini ditemukan pada skincare yang berfungsi mengurangi produksi keringat, contohnya: ada pada deodoran antiperspirant. Yuk,cek skincare kamu ya👍🏻😊

7. Merkuri
Sering sekali kandungan merkuri ditambahkan pada kosmetik, seperti: bedak, eye shadow, dan powder, merkuri juga diklaim sebagai bahan pemutih kulit yang instan dan cepat. Kenyataannya, merkuri masuk dalam daftar kandungan skincare yang sangat berbahaya bagi kulit dikarenakan dapat menyebabkan purging dan breakout, kerusakan otak, saraf, ginjal, hingga gangguan fungsi paru jika terserap berlebihan ke dalam tubuh. 

8. Oxybenzone
Sunscreen atau tabir surya yang berada di pasaran terbagi jadi dua jenis, yakni menggunakan filter kimiawi dan mineral. Penggunaan sunscreen dengan Oxybenzone ternyata masuk dalam daftar kandungan yang patut diwaspadai menurut Food and Drugs Administration (FDA), lho. Hal ini,karena Oxybenzone memberikan reaksi kimia pada kulit saat terpapar sinar matahari, sehingga kinerja hormon endokrin terhambat dan memicu alergi kulit. 

9. Formaldehyde
Pada produk kosmetik dan skincare, Formaldehyde digunakan untuk bahan pengawet. Namun, sayangnya, kandungan ini ternyata bersifat toksik atau beracun karena gampang terhirup dan mudah menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan. Untuk itu, ada baiknya hindari formaldehyde beserta turunannya, seperti quaternium-15, DMDM hydantoin, dan imidazolidinyl urea.

10. Talc
Penggunaan talc yang mampu menghaluskan kulit pada bedak tabur sebenarnya aman digunakan karena pada dosis aman. Namun, perlu diingat juga bahwa talc dapat terkontaminasi mineral dan bersifat karsinogen (senyawa penyebab kanker), sehingga potensi terpapar gangguan paru-paru pun jadi lebih besar. 

11. Benzalkonium Klorida
Kandungan ini sering kali digunakan sebagai bahan pengawet dan surfaktan pada produk skincare, seperti pelembap dan sunscreen. 
Walaupun tergolong aman jika digunakan, sebuah penelitian menghubungkan antara peluang potensi iritasi dengan reaksi alergi pada kulit, mata, dan pernafasan. Hal ini dikarenakan Benzalkonium Klorida memiliki sifat antimikroba yang apabila digunakan jangka panjang, dapat memicu resistensi bakteri di permukaan kulit. 


Ok bestie,itulah beberapa kandungan zat kimia yang berbahaya dalam kosmetik dan skincare ya. Jadi,mohon berhati-hati menggunakan produk agar kita dapat terjaga dan sehat selalu.
Sekian dan terimakasih 🙏😁

Penulis:
Majesti

Komentar