6 Bahan Berbahaya Dalam Komposisi Pembuatan Lipstik

Hi bestie!πŸ‘‹πŸŒŠ
Yuk bahas 6 bahan berbahaya dalam komposisi lipstik

Lipstik merupakan pewarna bibir kaum perempuan agar penampilannya tetap menarik. Namun,lipstik juga dapat digunakan kaum laki-laki agar penampilan make up nya juga semakin lebih segar.
Namun,ada beberapa bahan kimia yang berbahaya dalam komposisi lipstik tersebut. Yuk diperhatikan, Yaitu:

1. Methylparaben

Methylparaben yang dipakai sebagai bahan pengawet dalam lipstik. Metylparaben sangat terkait dengan kanker dan diduga dapat merusak sistem endokrin karena sangat toksik.

2. Propylparaben

 Propylparaben juga merupakan bahan pengawet yang banyak ditemukan pada jenis make-up lain.Propylparaben dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan mata. Selain itu juga terkait dengan kerusakan endokrin dan kanker.

3. Retinyl palmitate

Retinyl palmitate adalah salah satu bentuk vitamin A, namun dapat berbahaya untuk wanita hamil. Menurut database Cosmetic, retinyl palmitate terkair dengan berbagai masalah kesehatan mulai dari kanker sampai ada gangguan reproduksi.

4. Tocopheryl acetate
 
Tocopheryl acetate atau dikenal dengan vitamin E asetat. Bahan ini ditemukan pada berbagai macam make-up, termasuk lipstik. Zat ini dapat berbahaya dan menyebabkan iritasi kulit, rasa terbakar, gelembung di kulit dan lainnya.

5.Parafin

Parafin bisa ada di lipstik, walaupun jumlahnya sangat kecil, tetapi dengan penggunaan reguler akan merusak lapisan pelindung gigi sehingga menyebabkan karies gigi.

6. triclosan
triclosan yang diketahui bekerja sebagai bahan pengawet lipstik.Para peneliti mengatakan triklosan sangat berkaitan dengan masalah otot dan jantung. Bahan kimia tersebut juga dapat menyebabkan resistensi bakteri.

Cara melihat lipstik yang aman yang perlu di perhatikan yaitu: komposisi bahan pembuatan lipstik, exp produk, BPOM, dan HalalπŸ™
Thank you bestie, sekian dan terima kasih

Penulis:
Majesti

Komentar