7 VITAMIN PENCERAH PIGMEN KULIT YANG MENGGELAP AKIBAT SINAR UV MATAHARI

Hi bestie 👋🌻
Kulit merupakan organ tubuh terbesar yang menutupi permukaan tubuh manusia. Fungsinya sebagai pelindung tubuh dari cedera,adanya patogen, kulit juga mengatur suhu tubuh, dan mengendalikan cairan yang tak terasa (insensible fluid loss) serta menyimpan vitamin (vitamin d,lemak dan air).
Warna Kulit juga berfungsi untuk penarik perhatian atau sebagai iconik dari citra diri kita agar mudah dikenal oleh orang lain. Warna pigmen kulit ada warna: kuning,putih,hitam dan cokelat.
Namun ada juga kulit yang pigmen awalnya cerah seiring berjalannya waktu terbakar dan menggelap karena sinar uv dari matahari dan pola hidup yang belum sehat.

Hari ini aku ingin bahas 7 vitamin pencerah kulit yaa. 
Yuk,simak bestie 😁

1. Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat adalah suatu senyawa beratom karbon 6 yang dapat larut dalam air. Nama kimia dari asam askorbat adalah (2R)-2-[(1S)-1,2- dihydroxyethyl]-3,4-dihydroxy-2H-furan-5-one pubchem. Bentuk utama dari asam askorbat adalah L-ascorbic dan dehydroascorbic acid. 
Berikut bentuk struktur vitamin C :

Vitamin c memiliki kandungan antioksidan yang bagus dalam meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Vitamin C secara alami yaitu: Jeruk,Strawberry,bayam,brokoli,kubis,paprika,dan berry-berryan

2. Vitamin E

Vitamin E adalah nama umum untuk dua kelas molekul (tocopherol dan tocotrienol) yang memiliki aktivitas vitamin E dalam nutrisi tubuh dan kulit. Vitamin E pertama kali ditemukan pada tahun 1922 oleh Dr. H.M Evans dari California.

Berikut bentuk molekul vitamin E :

Vitamin E ini juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat melimpah. Karena itu, vitamin ini dipercaya mampu menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari berlebih. Cara kerja vitamin E ini yaitu: dengan menghalangi pengaruh buruk dari radiasi sinar ultraviolet, sehingga mampu membantu mencegah noda hitam pada kulit, bahkan mencegah keriput. Vitamin E ini ada pada makanan alami, seperti :kacang tanah, telur, sayuran berwarna hijau tua,beberapa jenis seafood, dan daging ayam.

3. Vitamin D

Vitamin D dikenal juga dengan nama kalsiferol.Penamaan ini berdasarkan International Union of Pure and Applied Chemist (IUPAC).
Berikut bentuk molekul vitamin D :
Vitamin D termasuk salah satu vitamin kulit yang bagus terutama saat musim dingin. Karena vitamin D terutama yang disediakan melalui paparan sinar matahari, jika Anda tinggal di iklim yang lebih dingin dan paparan sinar matahari akan terbatas pada bulan-bulan yang dingin. Karena alasan itu, konsumsi vitamin D merupakan suatu keharusan. Vitamin D dipercaya mampu membantu mencegah jerawat dan noda yang tidak diinginkan, serta membuat kulit lebih terang.contoh makanan alami vitamin d,yaitu: susu kedelai,oatmeal,makanan laut,kuning telur,jamur miatake

4. Vitamin A

Vitamin A selain kaya akan kandungan betakaroten yang sangat bagus untuk kesehatan mata, juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.  Rumus kimia untuk Vitamin A adalah C20H30O.
Berikut bentuk struktur vitamin A:
Vitamin A ini dipercaya dapat membantu memperbaiki jaringan kulit, sehingga mampu pula digunakan sebagai pemutih kulit. Vitamin A secara alami dapat Anda temui pada produk sayur maupun buah yang berwarna merah atau oranye.contohnya: wortel,tomat,ikan,ayam,kuning telur,daging, dan hati

5. Klorofil

Salah satu tren di dunia perawatan kulit adalah penggunaan klorofil. Dengan sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi, klorofil ini mampu membersihkan noda dan kerutan, sekaligus mengikis kulit agar awet muda. Selain itu, klorofil penuh dengan vitamin A, C, E, dan K. Bahan yang banyak digunakan untuk produk kecantikan yang penuh dengan klorofil adalah spirulina. Contoh makanan alami: kacang hijau,bayam,peterseli,kacang polong dan daun bawang

6. Ekstrak Polypodium leucotomos

Polypodium leucotomosmasih satu famili dengan tumbuhan paku/pakis. Ekstrak ini memiliki kandungan antioksidan sehingga dapat melindungi kulit dari kerusakan karena paparan sinar matahari dan menghambat perubahan warna kulit menjadi lebih gelap akibat pengaruh sinar ultraviolet. Karena itu, ekstrak ini bisa dipakai sebagai pencerah pigmen kulit. Ekstrak ini juga kerap digunakan dalam pengobatan beberapa penyakit kulit, seperti eksim, psoriasis, dan vitiligo.

7. Ekstrak Mulberry


Kandungan vitamin C dan E pada ekstrak mulberry sangat bagus digunakan untuk kesehatan kulit. Antioksidan yang dikandungnya dapat menghalangi radikal bebas sehingga menghambat perubahan warna pigmen kulit menjadi lebih gelap.


Komentar